Senin, 18 Juli 2016

Seleksi Kapal Pemuda Nusantara Tahun 2016

Kegiatan Pemuda


Indonesia adalah negara maritim kepulauan terbesar di dunia dengan segala potensi kekayaan yang terkandung didalamnya. Lautan Indonesia yang sangat luas memiliki 17.000.00 pulau besar dan kecil yang sangat berpotensi menjadi sumber penggerak pembangunan bagi segenap bangsa dan negara Indonesia. Potensi pemanfaatan laut Indonesia dapat berasal dari berbagai segi dan jenis usaha, seperti budidaya, penangkapan ikan, pariwisata, energi dan mineral, olahraga, bioteknologi, dan masih banyak lagi, apabila seluruh potensi kelautan indonesia dimanfaatkan dengan optimal.

Upaya menumbuhkan karakter bahari di kalangan pemuda merupakan salah satu metode mengembalikan karakter Indonesia sebagai negara maritim, dan menyadarkan masyarakat agar lautan menjadi landasan dalam membangun kesejahteraan bangsayaitu melalui program Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari/Kapal Pemuda Nusantara (LNRPB/KPN). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, diharapkan mampu memunculkan pemuda bahari. Daerah tujuan pelayaran pada Tahun 2016 ini adalah dari Jakarta, Belinyu, Dabo Singkep, Pulau Bintan, Tarempa, P Laut, Pontianak, Karimata dan kembali ke Jakarta.

Kapal Pemuda Nusantara (KPN) ini berlangsung mulai tanggal 25 September s.d 19 Oktober 2016.  Adapun peserta KPN merupakan hasil rekrutmen calon peserta Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari/ Kapal Pemuda Nusantara (LNRPB/KPN) Tahun 2016 yang dilaksanakan di masing-masing provinsi. Kegiatan rekrutmen calon peserta diawali dengan melakukan pengumuman di beberapa perguruan tinggi melalui surat resmi maupun pengumuman pada web site Dinas kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur. Dari jumlah pendaftar yang berkeinginan mengikuti seleksi ini, setelah dilakukan penyaringan awal dan peserta yang lolos seleksi administrasi adalah sebanyak 76 orang peserta, maka peserta yang berhak mengikuti seleksi Kapal Pemuda Nusantara Tahun 2016 di Jawa Timur adalah sebanyak 76 orang.

Kegiatan seleksi dilaksanakan tanggal 27 s/d 29 Juni 2016 di Hotel Giya Avi Jl. Raya Bukit Darmo No. 6, Surabaya. Bentuk seleksi yang diterapkan adalah berupa tes tulis dan tes kesehatan. Untuk tes tulis dilaksanakan di ruang tertutup dan tes kesehatan dilaksanakan di GOR atletik UNESA serta kolam renang UNESA. Kegiatan seleksi dibuka secara resmi pada hari Jumat tanggal 27 Juni 2016 tepat pukul 13.30 wib. oleh Kepala Bidang Pengembangan Organisasi Pemuda Dispora Provinsi Jawa Timur, Drs. DUDI HARJANTORO, MM. mewakili Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur, Drs. Supratomo, M.Si.  yang berhalangan hadir karena ada tugas lain yang tiak dapat ditinggalkan. Turut hadir mendampingi Kepala Bidang Pengembangan Organisasi Pemuda, Kepala Seksi Minat dan Bakat Bidang Pengembangan Organisasi Pemuda Dispora Provinsi Jawa Timur RACHMAD HADIMAN, Slp, M.Si.

Rachmad Hadiman, Slp, M.Si Ketua Pelaksana Seleksi KPN Jawa Timur Tahun 2016 menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan pada hari ini adalah merupakan puncak dari berbagai kegiatan sebelumnya. Sebagai awal kegiatan ini adalah pelaksanaan sosialisasi dan publikasi kegiatan melalui media website Dipsora Provinsi Jawa Timur, surat pemberitahuan secara resmi yang disebarkan di berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Jawa Timur. Namun mengingat masih terdapat keterbatasan dana sosialisasi dan publikasi, jangkauan penyebaran brosur, panflet dan sepanduk belum secara keseluruhan menyebar ke berbagai perguruan tinggi yang ada di Jawa Timur. Sosiaisasi dan publikasi kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak bulan awal Maret 2016.

Sebanyak 76 pemuda peserta Tes Tulis KPN hasil seleksi administrasi ini, akan mengikuti Tes tulis dan wawancara, Penilaian tes kesehatan dan Tes Tampilan Budaya yang dibagi pada ruang terpisah. Dari pelaksanaan Tes tulis dan wawancara, Penilaian tes kesehatan dan Tes Tampilan Budaya tersebut akan diperoleh 2 orang peserta yang menjadi kandidat utama untuk dapat dikirim sebagai perwakilan Provinsi Jawa Timur ke Jakarta untuk mengikuti pelaksanaan kegiatan Kapal Pemuda Nusantara tanggal 25 September s.d 19 Oktober 2016 mengikuti rute pelayaran Kapal Pemuda Nusantara mulai dari Jakarta, Belinyu, Dabo Singkep, Pulau Bintan, Tarempa, P Laut, Pontianak, Karimata dan kembali ke Jakarta.

Kepala Bidang Pengembangan Organisasi Pemuda, Drs. Dudi Hajantoro, MM berkenan membacakan Sambutan Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa bangga bertatap muka secara langsung dengan 76 orang pemuda dari seluruh Kabupaten/Kota se Jawa Timur terpilih, yang akan mengikuti Seleksi Kapal Pemuda Nusantara (KPN) di Jawa Timur Tahun 2016. Bapak Kepala Dinas menambahkan dalam sambutannya, bahwa program KPN  merupakan program unggulan Kementerian Pemuda Dan Olahraga RI yang mempunyai tujuan menumbuhkan karakter bahari di kalangan pemuda merupakan salah satu metode mengembalikan karakter Indonesia sebagai negara maritim, dan menyadarkan masyarakat agar lautan menjadi landasan dalam membangun kesejahteraan bangsa. Selain itu program KPN ini juga memiliki strategi dalam mengurangi permasalahan bangsa yang muncul saat ini mulai dari kenakalan remaja, pemerkosaan, narkoba, menurunnya wawasan kebangsaan, minuman keras serta maraknya pencurian ikan oleh kapal asing, sampai ditenggelamkan kapalnya. Itu semua menjadi masalah atau tantangan kita ke depan, oleh karena itu diharapkan pemuda untuk tampil jiwa kepemimpinannya, kepeloporannya serta kewirausahaannya demi bangsa dan negara ini dengan menunjukkan kreativitasnya memberikan sesuatu yang berarti buat bangsa ini.

Lebih ditegaskan lagi dalam isi sambutan yang dibacakan oleh Kepala Bidang Pengembangan Organisasi Pemuda Dispora Provinsi Jawa Timur, bahwa beliau meyampaikan penghargaan yang tinggi serta ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta seleksi KPN di Jawa Timur Tahun 2016 ini yang tetap mau menjadi pemuda yang terdepan dan berupaya terpilih mengikuti pogram KPN  pada tahun ini. Sebenarnya 76 orang pemuda yang pada hari ini berjuang mengikuti seleksi akan diambil hanya 3 (tiga) orang pemuda kandidat yang akan mengisi kuota Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Tahun 2016 yang ditetapkan nantinya oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

Saya berharap kepada seluruh peserta pada pelaksanaan seleksi KPN di Jawa Timur Tahun 2016 ini diikuti secara baik, teliti, sabar dan ikhlas, menunjukkan seluruh potensi yang dimiliki dan mengikuti seluruh proses seleksi dengan seksama sesuai dengan ketentuan. Diharapkan muncul hasil seleksi dari Jawa Timur yang memiliki daya saing dan berani menghadapi segala tantangan. Perlu saya tekankan pada seluruh peserta bahwa pada pelaksanaan seleksi ini Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada DPD Ikatan Alumni KPN Jawa Timur.

Setelah Acara pembukaan selesai para peserta diberikan pengarahan oleh nara sumber dan selanjutnya langsung di usung dari Hotel Griyo Avi menuju ke Kampus Unesa untuk melakukan tes kebugaran yang akan dilaksanakan 2 (dua) sesi :
a.     Lari
dengan menggunakan metode KENNETH  C COOPER. tes lari ini dibagi menjadi dua session, peserta laki–laki yang diwajibkan berlari 2400 meter, dan perempuan dengan jarak kurang lebih 2000 meter.
  
b.     Renang
peserta laki-laki harus menyelesaikan lintasan renang sejauh 50 meter dan 25 meter untuk peserta perempuan, dengan kedalaman kolam sampai dengan 2 meter.

Selanjutnya pelaksanaan tes wawancara dilaksanakan dengan materi yang mencakup aspek motivasi, pengetahuan umum, Komunikasi dan Aktualisasi.  Diakhir acara peserta diminta menampilkan Seni Budaya Jawa Timur, karena pada akhir acara Kapal Pemuda Nusantara ditampilkan mewakili Jawa Timur.

Adapun nama – nama peserta yang lolos antara lain :
A.     Kelompok Putra     :
1.      Nama                                       :     Andhi Setyawan Rofie
Tempat dan Tanggal lahir    :     Bangkalan, 20 Mei 1995
Alamat                                     :     Jl. Pemuda Kaffa 001/001
                                                        Desa Junok, Kecamatan. Bangkalan, Kabupaten .Bangkalan
Unsur                                      :     Kelautan Sidoarjo
2.      Nama                                       :     Muhammad Maulana Rizki
Tempat dan Tanggal lahir    :     Jombang, 06 Pebruari 1997
Alamat                                     :     Jl. Pattimura III 027/008
                                                               Desa Sengon, Kec. Jombang, JOMBANG
Unsur                                      :     Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang

B.     Kelompok Putri       :
1.      Nama                                       :     Mukti Utami
Tempat dan Tanggal lahir    :     Madiun, 6 April 1994
Alamat                                     :     Desa Duren 010/002,Kecamatan Pilangkenceng, Kab. Madiun
Unsur                                      :     Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Bagi calon peserta Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Jawa Timur Tahun 2016 yang telah dinyatakan lolos dan berhak mengikuti program Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia satu minggu sebelum pelaksanaan tanggal 25 September s.d 19 Oktober 2016, sudah harus berada di Jakarta. (R.Hadiman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar