Senin, 18 Juli 2016

Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Nagara (PPAN) Tahun 2016

Kegiatan Pemuda

Sabtu tanggal 16 April 2016, Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur menggelar Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) di Jawa Timur Tahun 2016. Kegiatan seleksi dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Pengembangan Aktivitas Pemuda Dispora Provinsi Jawa Timur, Drs. Didiek Dwijanto, MM mewakili Bapak Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur yang berhalangan hadir karena ada tugas lain yang tidak dapat ditinggalkan. Tepat pada pukul 08.00 WIB. sebagaimana jadwal yang telah ditetapkan, pelaksanaan Seleksi PPAN di Jawa Timur Tahun 2016 di Aula Soegondo Djojopoespito Dispora Jawa Timur yang diawali dengan acara pembukaan. Turut hadir mendampingi Kepala Bidang Pengembangan Aktivitas Pemuda, Kepala Seksi Wawasan dan Kreativitas Bidang Pengembangan Aktivitas Pemuda Dispora Provinsi Jawa Timur, dan Ketua PCMI (Purna Caraka Muda Indonesia) Jawa Timur, Ryza Cahya Alumni Program PPAN Tahun 2008.

Kegiatan Seleksi PPAN di Jawa Timur Tahun 2016 ini merupakan kegiatan penjaringan pemuda potensi yang dianjurkan oleh Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI melalui surat resmi tanggal  23 Februai 2016 Nomor : 026/DI-1/IV/2016 perihal Paradigma Baru Pelaksanaan Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Tahun 2016. Dalan surat tersebut menyebutkan bahwa dalam rangka meningkatkan pengertian akan pentingnya perdamaian dan kerjasama di bidang pertahanan, ekonomi, dan sosial budaya antara Pemerintah Indonesia dengan negara tujuan, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia selalu setiap tahunnya menyelenggarakan program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN). Untuk memenuhi Program PPAN Tahun 2016 tersebut, Kementerian Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada pemuda di Jawa Timur untuk mengisi kuota program PPAN Tahun 2016 ini adalah sebanyak 6 (enam) orang pemuda, untuk 6 (enam) program pertukaran yaitu Tiongkok, Korea Selatan, Malaysia, Jepang, dan India.

Drs. Imam Kiswoto, MM Ketua Pelaksana Seleksi PPAN menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan pada hari ini adalah merupakan puncak dari berbagai kegiatan sebelumnya. Sebagai awal kegiatan ini adalah pelaksanaan sosialisasi dan publikasi kegiatan melalui media website Dispora Provinsi Jawa Timur, PCMI Jawa Timur, dan Panflet, Brosur, Spanduk yang disebarkan di berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Jawa Timur. Namun mengingat masih terdapat keterbatasan dana sosialisasi dan publikasi, jangkauan penyebaran brosur, panflet dan sepanduk belum secara keseluruhan menyebar ke berbagai perguruan tinggi yang ada di Jawa Timur. Sosialisasi dan publikasi kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak bulan awal Februari 2016. Tidak hanya itu saja yang telah dilaksanakan oleh Bidang Pengembangan Aktivitas Pemuda Dispora Provinsi Jawa Timur, lebih diperkuat lagi dengan kegiatan Roadshow ke beberapa perguruan tinggi. Kegiatan Roadshow dilaksanakan secara bersama dengan Pengurus PCMI (Purna Caraka Muda Indonesia) Jawa Timur sejak bulan Maret sampai dengan akhir April 2016.

Drs. Imam KIswoto, MM dalam laporannya juga menyampaikan bahwa pada saat kegiatan sosialisasi dan publikasi sedang berlangsung, tahap pendaftaran pun sudah dimulai, yaitu sejak 8 Maret s/d 1 April 2016. Sejumlah 315 peserta yang mendaftarkan melalui Google Form diwajikan melengkapi pemberkasan, terdiri dari 93 orang putra dan 222 orang putri. Tahap pemberkasan yang berakhir pada tanggal 2 April 2016, dilanjutkan dengan Seleksi Administrasi yang dilakukan oleh Pengurus PCMI Jawa Timur sampai dengan tanggal 10 April 2016. Adapun hasil seleksi nama-nama pendaftar yang lolos mengikuti tes tulis dan wawancara PPAN Tahun 2016 sebanyak 200 orang, dengan rincian calon peserta putra sebanyak 75 pemuda dan calon peserta putri sebanyak 125 pemuda. Nama-nama tersebut tertuang dalam Berita Acara Ketua PCMI Jawa Timur yang diserahkan kepada Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur tanggal 10 April 2016. Mendasari Berita Acara yang telah diterbitkan PCMI Jawa Timur nomor : 0506-01/V/PCMI-Jatim/2016, diterbitkan Keputusan Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur tanggal 11 April 2016 Nomor : 188.4/8877/109/2016 tentang Hasil Seleksi Administrasi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) di Jawa Timur Tahun 2016.

Melengkapi laporannya, Drs. Imam KIswoto, MM menambahkan bahwa pada hari ini, Sabtu tanggal 16 April 2016 berlangsung pelaksanaan Seleksi Program PPAN di Jawa Timur Tahun 2016 di Aula Soegondo Djojopoespito Dispora Provinsi Jawa Timur Jl. Kayon No. 56 Surabaya. Berkumpul sebanyak 200 pemuda akan menunjukan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki untuk saling bersaing positif untuk memperoleh kesempatan memenuhi kuota yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Dari sebanyak 200 pemuda peserta Tes Tulis PPAN ini, akan dilakukan penjaringan sebanyak 80 orang yang berhak mengikuti Tes Wawancara, Penilaian Diskusi Kelompok dan Tes Tampilan Budaya secara berkelompok yang dibagi dalam 3 (tiga) ruang secara terpisah. Dari pelaksanaan Tes Wawancara, Penilaian Diskusi Kelompok dan Tes Tampilan Budaya secara berkelompok tersebut akan diperoleh 30 peserta yang menjadi kandidat utama untuk dapat mengikuti kegiatan pemilihan ranking melalui kegiatan karantina (pebekalan), yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 23 – 24 April 2016 di Penginapan Taman Budaya Cak Durasim, Jl. Genteng Kali – Surabaya.

Sebelum mengakhiri laporannya, Drs. Imam KIswoto, MM menyampaikan permohonan do’a restu kepada Bapak Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur yang dalam hal ini diwakili Bapak Kepala Bidang Pengembangan Aktivitas Pemuda Dispora Provinsi Jawa Timur, agar dalam pemenuhan penyerahan 30 (tiga puluh) orang pemuda kandidat untuk 6 (enam) Program Pertukaran tanggal 9 Mei 2016 dapat tercapai tepat waktu. Pemenuhan waktu tersebut merupakan batas akhir yang diberikan Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Kepala Bidang Pengembangan Aktivitas Pemuda, Drs. Didiek Dwijanto, MM berkenan membacakan Sambutan Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa bangga bertatap muka secara langsung dengan pemuda dari seluruh Kabupaten/Kota se Jawa Timur terpilih, yang akan mengikuti Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) di Jawa Timur Tahun 2016. Bapak Kepala Dinas menambahkan dalam sambutannya, bahwa program PPAN  merupakan program unggulan Kementerian Pemuda Dan Olahraga RI yang mempunyai tujuan meningkatkan saling pengertian akan pentingnya perdamaian dan kerjasama di bidang pertahanan, ekonomi, sosial dan budaya antar pemerintah Indonesia dengan negara tujuan. Selain itu program PPAN ini juga memiliki strategi dalam menjalin kerjasama, persahabatan dan saling pengertian antar pemuda kedua negara dalam semua aspek kehidupan, memperluas cakrawala pemuda Indonesia, baik dalam kerangka nasional maupun internasional, serta meningkatkan rasa patriotisme dan disiplin para pemuda sebagai generasi penerus bangsa.

Lebih ditegaskan lagi dalam isi sambutan yang dibacakan oleh Kepala Bidang Pengembangan Aktivitas Pemuda Dispora Provinsi Jawa Timur, bahwa beliau meyampaikan penghargaan yang tinggi serta ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta seleksi PPAN di Jawa Timur Tahun 2016 ini yang tetap mau menjadi pemuda yang terdepan dan berupaya terpilih mengikuti pogram PPAN  pada tahun ini. Sebenarnya 200 orang pemuda yang pada hari ini berjuang mengikuti seleksi akan diambil 30 orang pemuda kandidat yang akan mengikuti kegiatan Karantina dan selanjutnya akan diambil 6 orang pemuda terbaik untuk mengisi kuota pertukaran pemuda yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, yaitu masing-masing program pertukaran sebanyak 1 (satu) pemuda untuk Program Tiongkok, Program India, Program Jepang, Program Malaysia dan 2 (dua) pemuda untuk Program Korea Selatan

Saya berharap kepada seluruh peserta pada pelaksanaan seleksi PPAN di Jawa Timur Tahun 2016 ini diikuti secara baik, teliti dan sabar serta ikhlas. Perlu saya tekankan pada seluruh peserta bahwa pada pelaksanaan seleksi ini Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada alumni program PPAN yang bergabung dalam wadah organisasi PCMI (Purna Caraka Muda Indonesia) Jawa Timur sebagai pengelola dan sekaligus penyeleksi.    Pengalaman dan kompetensi yang mereka miliki sudah sangat memenuhi persyaratan dalam menyeleksi peserta program PAN di Jawa Timur Tahun 2016 ini. Mereka secara fair play akan memilih peserta yang betul-betul memenuhi persyaratan dan kelayakan program PPAN ini.

Kegiatan Seleksi PPAN di Jawa Timur Tahun 2016 ini berlangsung hanya satu hari, mulai dari kegiatan Tes Tulis, Tes Wawancara, Penilaian Diskusi Kelompok dan Tes Tampilan Budaya secara berkelompok berjalan sesuai dengan jadwal pelaksanaan yang telah ditetapkan panitia, dan berakhir pada pukul 19.00 WIB. (aka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar